logo Reblood

26 April 2021

Program Undian Motor untuk Pendonor Surabaya & Gresik

Oleh Reblood

Periode: 1 Maret – 30 Juni 2021

Surabaya, 26 April 2021 – Pada masa pandemi COVID-19 ini, kegiatan di luar rumah semakin dibatasi untuk mencegah penularan COVID-19. Hal ini berdampak pada jumlah pendonor darah yang semakin menurun sejak tahun 2020. Penurunan jumlah pendonor darah ini terjadi di berbagai kota dan kabupaten se-Indonesia, di tengah kebutuhan darah yang semakin meningkat dengan adanya pandemi COVID-19.

Surabaya membutuhkan 300-400 pendonor per harinya untuk memenuhi kebutuhan darah pasien, serta Gresik juga membutuhkan sekitar 75-100 pendonor per harinya. Namun, sejak adanya pandemi COVID-19 ini, terjadi penurunan 40-50% jumlah pendonor yang membuat kondisi semakin memprihatinkan.

Dalam upaya untuk meningkatkan jumlah pendonor ini, Paguyuban Tulang Rusuk Surabaya (PTRS) bersama PMI Kota Surabaya, PMI Kabupaten Gresik dan Reblood menginisiasi sebuah program sosial undian motor bagi pendonor darah se-Surabaya dan Gresik pada 1 Maret – 30 Juni 2021. Semua masyarakat yang berhasil mendonorkan darah di Surabaya dan Gresik pada periode tersebut berkesempatan memenangkan undian motor. Pada bulan Juli 2021, satu unit motor akan diundi oleh PMI Kota Surabaya, dan satu unit motor lainnya akan diundi oleh PMI Kabupaten Gresik.

Pendonor darah di UTD PMI Kota Surabaya

Thomas Hermanto, Ketua Bidang Sosial PTRS, mengatakan bahwa sebelumnya telah mengumpulkan 7000 kantong darah pada program donor darah yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya di Ciputra World Surabaya. “Pada masa pandemi ini, kita bergandengan tangan dengan PMI beserta organisasi atau komunitas lainnya untuk mendorong lebih banyak pendonor darah di Surabaya dan Gresik”, ucapnya.

Program undian motor ini dimulai pada Oktober 2020 bersama PMI Kabupaten Gresik. Sebanyak lebih dari 4000 pendonor telah mengikuti undian dan satu pendonor beruntung mendapatkan satu unit motor pada Februari 2021. Pada periode Maret hingga Juni ini, telah ada lebih dari 15000 pendonor yang berpartisipasi, dan harapannya akan semakin banyak yang termotivasi untuk mendonorkan darah agar stok darah aman selama pandemi ini.

Pendonor dapat mendonorkan darah pada jadwal donor darah PMI Surabaya & Gresik yang dapat dilihat pada aplikasi Reblood atau web reblood.com

“Kita juga berinovasi dengan kolaborasi bersama Reblood, karena aplikasi Reblood telah terkoneksi dengan sistem PMI Surabaya dan Gresik, sehingga pendonor dapat melihat data donor darahnya hingga melihat hasil tes kesehatannya. Hal ini tentu menjadi motivasi pendonor agar rutin mendonorkan darah untuk menjaga kesehatan”, imbuh Thomas.

Reblood sendiri telah memulai uji coba integrasi data pendonor dengan PMI Surabaya dan Gresik sejak Oktober 2020, dengan dukungan dari PTRS. Saat ini, pendonor bisa melihat hasil tes tekanan darah (tensi), hemoglobin (Hb), hingga hasil tes HIV/AIDS, Hepatitis B, Hepatitis C, serta Sifilis, via aplikasi Reblood.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi

email: info@reblood.com